bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Minggu, 07 Agustus 2011

Allah Ciptakan Surga dan Neraka


Oleh Quraish Shihab

episode kali ini adalah Ayat 44 sampai Ayat 51 Surah Al A'raf. Ayat-ayat ini menjelaskan bagaimana aktivitas orang-orang beriman yang memperoleh surga Allah swt.
Dalam keadaan penuh syukur dan sangat menyenangkan, para penghuni surga akan sibuk mengecam penghuni neraka yang dahulu melecehkan kaum yang beriman.
Penghuni surga harus berteriak agar suara mereka terdengar oleh penghuni neraka yang banyak berbuat zalim selama di dunia karena jarak surga dengan neraka itu amat jauh, sampai-sampai para pendurhaka yang meluncur ke jurang neraka harus menunggu 50 tahun lamanya untuk sampai ke dasar.
Selanjutnya dijelaskan terdapat pagar pemisah di antara calon para penghuni surga dan neraka. Di antara kedua golongan ini terdapat beberapa orang yang berada di tempat tinggi bernama A'raf yang menyaksikan perihal kedua kelompok ini.
Bagi golongan yang belum boleh masuk surga, mereka memohon dengan sangat agar tidak dimasukkan ke api neraka karena kengerian yang dilihat saat Allah memalingkan pandangan mereka untuk melihat neraka.
Golongan yang berada di tempat yang tinggi berseru bahwa tidak berguna untuk kamu, himpunan kamu, yakni apa yang kamu himpun di dunia, baik berupa uang atau kelompok, dan lainnya yang kamu anggap sebagai sumber kekuatan yang selalu kamu sombongkan sehingga kamu melecehkan dan menganiaya umat beriman.
Ayat ini menjelaskan bahwa materi, kekuasaan, atau kekuatan apa pun yang kita punya di dunia tidak akan membantu kita untuk masuk surga, kecuali amal ibadah yang kita lakukan pada saat kita masih hidup.
Di sini dijelaskan pula bahwa orang-orang kecil yang beriman tetapi terpinggirkan di dunia, bisa jadi akan melenggang masuk surga, meninggalkan petinggi-petinggi yang dahulu menghina dan meremehkan keimanan mereka, serta terus berbuat zalim selama masa hidupnya di dunia.
Pada Ayat 50 dikisahkan bahwa orang-orang penghuni neraka nanti akan meminta sedikit saja rezeki yang Allah swt. berikan kepada para penghuni surga, tetapi penghuni surga menjawab, "Sesungguhnya Allah telah mengharamkan, yakni mencegah keduanya, yakni air yang sejuk dan makanan yang baik itu atas orang-orang kafir, yaitu orang-orang yang menjadikan agama yang mereka anut dan agungkan hanya sebagai permainan."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar