bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Kamis, 04 Agustus 2011

Iblis akan Terus Menggoda Manusia


Oleh Quraish Shihab

EPISODE Tafsir Al Mishbah hari ini akan mengupas ayat 16 hingga 23 Surat Al A'raf. Kandungan ayat-ayat ini antara lain menjelaskan bahwa tekad dan janji iblis untuk terus menggelincirkan manusia dari jalan yang benar.
Iblis akan menggunakan segala macam cara dan dari segala arah yakni depan, belakang, kanan, maupun kiri, untuk menyesatkan manusia dari jalan kebenaran. Allah pun tidak menghalangi keinginan iblis ini, bahkan mempersilakannya serta menyiapkan siksa neraka untuk iblis dan para pengikutnya.
Seperti salah satu penggalan ayat, "Ia (iblis) berkata: Disebabkan karena Engkau telah menyesatkan aku, aku benar-benar akan duduk (menghadang) mereka di jalan Engkau yang lebar lagi lurus, kemudian aku akan mendatangi mereka (manusia) dari depan, belakang, kiri, dan kanan mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan dari mereka bersyukur."
Sejak keistimewaan manusia diperlihatkan Allah kepada malaikat termasuk kepada iblis, sejak saat itu kebencian iblis kepada Nabi Adam tertancap jauh di dalam hatinya. Dendam iblis semakin menjadi hingga anak cucu Adam setelah ia dikutuk Allah akibat keengganannya bersujud.
Ayat-ayat ini juga telah mengisahkan perihal kehidupan Nabi Adam dan istrinya, Hawa, yang dipersilakan Allah untuk hidup damai dan berkecukupan di surga. Akan tetapi, tipu daya iblis membuat keduanya terusir dari surga karena mendekati dan memakan buah khuldi. Dan salah satu akibat langsung dari perbuatan mereka adalah terbukanya aurat keduanya.
Ayat-ayat di atas dapat dipahami sebagai penjelasan tentang kesalahan iblis dan manusia. Namun tidak seperti Adam yang langsung meminta ampun, iblis malah membangkang dan bertekad akan terus menggoda
manusia, karena ia tidak bisa menerima kemuliaan manusia yang berada
di atasnya.
Dalam satu hadis diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad bersabda, "Sesungguhnya iblis itu berkata kepada Tuhan Yang Mahamulia bahwa demi kemuliaan dan keagungan-MU, aku (iblis) akan terus menerus menggoda hamba-hamba-MU selama mereka masih dikandung badan mereka."
Pesan ayat-ayat ini bagi manusia ialah hindarilah sifat keangkuhan yang dimiliki setan dan iblis. Adapun ayat 23 mengisyaratkan bahwa tobat yang diterima Allah adalah tobat yang benar-benar tulus dan yang disadari oleh pelakunya sebagai ancaman kesengsaraan bila tidak dikabulkan Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar